Kampung Pare

 

Pengenalan
Kampung ini terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat yang sangat tepat bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris secara intensif dan komprehensif, walaupun kemampuan anda masih NOL besar. Sebagai gambaran, sebelum berangkat, skor TOEFL saya 420, setelah ‘bersemedi’ disana selama 3,5 bulan menjadi 563. Tidak hanya itu, kemampuan penerjemahan  dan penulisan bahasa Inggris pun saya peroleh.

Tentang suasana disana, selayaknya kondisi daerah Jawa Timur pada umumnya, cukup panas bagi orang Jawa Barat – anda bisa mandi sesering anda bisa – namun relatif lebih teratur. Terletak di beberapa desa yakni desa Pelem, dan Tulungrejo. Suasana lebih mirip perumahan di Jawa Barat yang berblok-blok dengan jalan beraspal berpinggirkan pohon kersen.

Di tempat tersebut, terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris (umumnya) maupun bahasa lainnya seperti : Arab, Jepang, Cina, Korea.

Program

Untuk memilih program yang tepat bagi anda, saya sarankan pilihlah program di beberapa kursusan yang berbeda sesuai dengan spesialisasi/karakteristik kursusan yang bersangkutan. Untuk itu, saya bagi lembaga2 bahasa disana berdasarkan materinya, yaitu:

1. Grammar (Basic, Translation, Writing)

Untuk urusan yang satu ini saya punya dua nama, ELFAST dan SMART. Sejujurnya, saya tidak pernah belajar di Smart namun saya siswa tulen nya elfast. Karakteristik kedua lembaga ini adalah ahli dalam urusan grammar (basic), namun elfast lebih ahli (terahli) dalam advanced grammar plus langsung menerapkannya dalam materi translation dan writing. Perbedaan lainnya, di Elfast lebih bersifat kuliahan yakni terserah kedewasaan anda dalam belajar dan memilih kelas, anda bisa melahap habis semua materi dalam 3-4 bulan (termasuk TOEFL) dengan mengambil dua program dalam sebulan. Saran saya ambil basic I dan II (bln I), translate dan writing (bln II), grammar school/bedah buku dan TOEFL (bln 3) dengan tidak mengambil kelas pre-grammar (sangat dasar) dan pre-TOEFL (kelas ini saya sarankan untuk di ikuti hanya jika anda tidak mengambil translation atau writing). Sedangkan di Smart, lebih saklek. Salek yang pertama, pengambilan kelas harus terurut mulai dari awal dahulu, tidak bisa loncat atau ngambil dua sekaligus dan ada testing masuk, alhasil anda perlu minimal 4 bulan untuk 4 kelas dalam menamatkan studi disini. Saklek yang kedua, anda diharuskan menghafal materi termasuk certain word nya. Setiap hari anda harus setor hafalan kepada guru anda. Namun demikian, saya kira tempat ini sangat bagus bagi anda yang perlu tekanan untuk belajar dan memiliki waktu luang. Saran saya, setelah anda beres belajar di Smart, lanjutkan di Elfast mulai dari translation sampai TOEFL.

2. Speaking

Klo yang ini saya ga bisa ngomong banyak, karena saya hanya ikut satu kali kelas speaking di Marvellous. Namun, berdasarkan kabar temen2 disana, lembaga speaking yang termahsyur disana adalah DAFFODILS. Kabarnya, di tempat ini anda terpaksa dan dipaksa untuk berbicara di kelas sekemampuan anda. Alhasil anda terbiasa ng-english tanpa canggung ama yang namanya grammar.

3. Pronunciation and Expression

Nah, untuk yang ini, MARVELLOUS bias menjadi pilihan. Pengalaman sang pemilik, Mr Tantowi, yang 5 tahun berpendidikan bahasa di Amerika jaminannya. Di sini anda akan belajar cara ngomong mulai dari huruf, kata, sampai kalimat, weak n strong form dan banyak lagi sampai orang ga bakalan ngerti sama apa yang kamu ucapkan Di samping itu, expression asli made in Amrik nya banyak banget (bukan ekpresi Indonesia to English), mulai ekspresi sopan dan santun sampe ekpresi ‘tiittt!!’… banyak tersedia disini. Untuk program British pronunciation disediakan oleh Daffodils.

4. TOEFL

Klo TOEFL, balik lagi ke ELFAST. Duet sang jawara grammar, Mr Andre ama Mr Sonhaji, jadi jaminannya. Kekurangannya, TOEFL yang dilatih masih bertipe paper-based yang saat ini mulai tidak diterima lembaga internasional yang hanya mengakui internet-based TOEFL. Kursusan yang menyediakan program IELTS juga belum ada.

Umumnya setiap program diselenggarakan untuk lama belajar selama 1 bulan. Terdapat dua gelombang, yaitu gelombang pertama periode tanggal 10 setiap bulannya dan gelombang kedua periode tanggal 25. Jadi, jika anda berniat kesana, datanglah sebelum tanggal 10 dan 25. Penting untuk diketahui, pada musim liburan sekolah/kuliah, banyak sekali orang yang datang sehingga jangan heran kalau susah sekali mencari kosan yang kosong dan biasanya kuota program sudah habis sebelum tanggal 10 atau 25, so… cepat2lah daftar !! first come first serve…

Kost
Ada gula ada semut. Ada kursusan ada kosan juga tentunya. Kosan terbagi dalam setidaknya dua kategori. Pertama pure kosan, kedua kosan English area. Pure kosan maksudnya adalah kosan yang asli kosan, hehe…. Namun, anda bisa memilih mau ngekos di asrama pesantren ato di kosan biasa ato di kosan yang lengkap sama berbagai macam aturan. Klo English area, yaitu kosan yang juga memiliki program bahasa English, mulai dari kewajiban berbahasa inggris sehari-hari sampe kelas inggris seperti telah saya uraikan dalam ‘Program’. Kosan putra dan putri terpisah tentunya… yah…

Biaya Program

Berikut adalah data rata-rata biaya pada Agustus 2008: (rata2)

Kursus perprogram  : 100rb perbulan,     Pure kosan : 80rb perbulan,

English area : 100-150rb perbulan,            Makan pagi (nasi pecel) : 1500-2500,

Nasi ayam bakar : 5000,                                 Nasi soto : 3000,

Es jeruk : 1000,                                                  Bakso : 2500,                      Buah-buahan : 500

Alhasil, biaya total selama sebulan + 500 rb sudah termasuk minuman ringan, internet 3000/jam, dan buku2. Tips, belilah buku sebanyak2nya, harganya miring banget walau dibanding di Palasari-Bandung sekalipun. tapi inget, jarang ditemukan buku asli

Transportasi

1. Menuju Pare

a. Kereta

Ekonomi Tanah Abang – Kediri, tarif 50rb, durasi 16 jam.

Ekonomi Bandung – Kediri, tarif 38rb, lama + 17jam, berangkat sore sampai pagi (jangan lupa shalat di kereta, tayamum aja).

Dari stasiun Kediri, jalan kaki atau naik becak (max 5rb) ke jalan raya.

Kemudian naik angkot Kediri-Pare (ada tanda P dilingkari) + 25 km 6rb, turun di kantin Danis, Jl. Brawijaya (jangan mau ditawari di antar, mahal). Nah, sekarang anda telah berada di lingkungan Pare, selanjutnya nyari kosan. Untuk nyari kosan, bisa langsung nyari pake becak (jarang ada ojeg) atau jalan kaki. Atau anda titipkan dulu barang bawaan anda di tempat les yang dituju atau ke kontak/teman disana.

b. Bus

Bus Kramat Djati, 120rb, atau Pahala Kencana, 135rb, Bandung – Kediri. Berangkat sore sampai pagi. Katakan saja sama kendek, ‘Mau ke Pare’ nanti diturunkan di tempat yang dilalui angkot Kediri-Pare.

2. Di Pare

Umumnya untuk transportasi disana, kita beli sepeda bekas aja. Harga sekitar 50-75 rb. Sepeda ini digunakan karena kosan-lesan1, lesan1-lesan2, dan seterusnya lumayan jauh untuk ukuran jalan kaki dengan cuaca yang cukup panas.

Fasilitas

Ngomong2, kampung ini dekat dengan kota kecamatan Pare sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Jika anda les di Elfast, berarti anda sudah dekat ke Mesjid Agung Pare, stadion sepakbola, rumah sakit. Tinggal bersepeda sebentar, anda akan sampai di alun2 Pare, pasar, Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, dll.

Fasilitas kolam renang dan fitness center pun dapat anda nikmati. Begitu pula dengan akses internet yang relatif murah dan cepat.

Tips
Jangan sia-siakan waktu anda di Pare, rencanakan studi anda sependek mungkin. Lagi2 saya sarankan comot setiap program di setiap kursusan yang terbaik di bidangnya.

Acknowledgement
Herewith I would like to thank all of my Pare English teachers – Elfast: Mr. Andre, Sonhaji, Ahmed, Ahsan, Ms. Santi, Ani, Arin; Marvellous: Mr. Tantowi, Ms. Nimas; Ms. Ambar – and all of my Pare friends. Wish me luck….

Alamat

ELFAST (English Language as Foreign Application Standard)

Jl. Anggrek No. 17 Pare Telp: (0354) 399844 Pare, Kediri.

http://elfastenglishcourse.blogspot.com/

MARVELLOUS

Jl. Anyelir No. 18 Tulungrejo-Pare. 0888-318-4718 / 081-34567-0535

DAFFODILLS

Jl. Dahlia No. 21 Pare. Telp/SMS: (0354) 7043450

MAHESA

Jl. Mawar No. 4 RT 11 RW 14 Mangunrejo – Tulungrejo, Pare – Kediri, East Java 64212 ; Telp. & Fax (0354) 398123

www.mahesainstitute.com

Update terakhir: 12 Oktober 2009

Sumber : http://islah22.wordpress.com/

This entry was posted in Info and tagged , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Kampung Pare

  1. maulana says:

    bang aku mau ke pare minta info pendaftarannya, plus rincian biayanya, plus kursusan yang paling baik dan murah di mana dan apa namanya, plus kalo bisa sama petanya,,
    thanks before,,,

  2. sw says:

    Salam kenal,
    Saya hanya punya info yang tercantum di blog ini.
    Silakan telepon ke kursusannya.

  3. winky says:

    hoi..kamu ke pare ya??habis rws???kenal rully??dia dulu juga anak labmath..

    eh katanya dapet erasmus ya??mantap euy…

  4. Ricky says:

    sangat menarik ..jadi pengen

  5. syafiq says:

    Assalaamualaikum
    matur nuwun info-info ne.
    Hayuk..s bwt yg belum ke Pare.. Buruan gih, Rugi lho.. g ksna.
    Pare Asyiiiikkk euy.

    • sw says:

      Waalaikumsalam
      Selamat ya Fiq, dah diterima S2.
      Kamu bisa kasih info Pare terbaru (2009) kan? Info yang ada di blog ini ditulis tahun 2007-2008. Kirim ke emailku ya..
      Suwun

  6. Ade says:

    Bang, kisah-kisahmu di kampung pare menginspirasi aku yang belum lancar bahasa inggris untuk lebih baik lagi dalam belajar bahasa inggris. Terima kasih bang atas tulisan di blognya.

  7. kalo mo bagus grammarnya Tokcer yang lebih mendalam daari Nul puthul sampe tingkatan mahir, silahkan ngambil “helping progam” di KRESNA…dijamin tokcer…trus ngambil preTOEFL-TOELFL-nya di ELFAST mantap sudah!!!gw udah jadi korban…….

    • sw says:

      Mantap bro, sampe ngelotok di Kresna. Tapi kalo mo lebih cepat di Elfast, aku ngambil Basic Grammar 1, 2, Translation, Writing cuma 2 bulan. Bisa share alamat Kresna di sini?

  8. sovie says:

    salam kenal wat semua’a

    aq jg butuh info tentang pare dunk yg taon skrg 2009
    kalo bisa website nya lansung…
    kirimkan jg ke email qu yak

    @ sw
    sepertinya tujuan qt sama
    n aq harap qm jg mw berbagi informasi tentng pare ke aq.
    ok
    by: sovie

  9. iyand says:

    wah….
    matur nuwun sanget….
    kak, tau gak informasi soal bahasa yang lain….
    jepang misalnya….
    he….
    itu klo yg bahasa selain inggris ada kayak kampung inggris gitu gak sich kak…..
    arigato….

    • sw says:

      Sami-sami.
      Ada Yand, namanya Sakura. Kursus Jepang pemula sampai lanjut.
      Biaya sekitar Rp 40.000 per bulan.
      Mencari kampung Jepang ya?

  10. kukun says:

    mas..Boleh tau Kira2 Total biaya hidup di Pare slama 2 bulan brp??ak mau kesana..so, mau buat perencanaan biayanya
    makasih atas semua infonya

    • sw says:

      Ini info dari orang yang pernah di Pare pada bulan januari 2010.

      Uang Rp 5.000 bisa beli nasi+ayam goreng.
      Pecel sayur sekitar Rp 2.000 – 3.000.

      Kost biasa : Rp 65.000 – 100.000 per bulan
      Kost English Camp : Rp 100.000 – 150.000 per bulan

      Program di Elfast : Rp 90.000 – 100.000 kecuali TOEFL sekitar Rp 150.000 per bulan
      Program Daffodils, Marvelous, atau Global (speaking) Rp 120.000
      Program di Awareness Rp 100.000.
      Paket program (speaking, pronunciation, grammar, camp) di marvelous sekitar Rp 300.000 per bulan.
      Program di Mahesa silakan cek harga di websitenya.

      Totalnya hitung-hitung sendiri ya.

  11. belqiz says:

    ..q pengen tau no telp kresna donk..penting.mw daftar ksna soalx..
    ..mohon bantuanx gan..

    • sw says:

      KRESNA
      Jl. Asparaga No. 13 Tegalsari-Tulungrejo, Pare-Kediri Jawa Timur 64212
      Telepon: 08283321624. Email: kresna_bibe(at)yahoo.co.id
      Sumber info

Comments are closed.