Mengapa perlu kuliah?

Pertanyaan di atas mungkin terlintas di benak para siswa SMA yang segera menyelesaikan pendidikannya. Sebelum berkuliah, sebaiknya tahu pasti mengapa seseorang perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah.

  • Ilmu lebih spesifik

Pelajaran di bangku SMA sangat banyak namun belum mendalam. Saat kuliah orang akan belajar bidang ilmu yang spesifik dan mendalam, potensi diri akan dikembangkan sesuai dengan minat dan impian pekerjaan. Manusia tak bisa menguasai semua bidang ilmu secara detail dan seseorang saat bekerja sebaiknya memiliki kemampuan khusus di bidangnya. Banyak profesi yang hanya bisa dijalani oleh orang-orang lulusan kuliah, seperti dokter, notaris, dosen, psikolog, akuntan, pengacara, guru, pilot, aktuaris dll.

  • Persiapan sebelum bekerja

Di kampus, mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tapi juga bereksperimen di laboratorium, melakukan penelitian, aktif dalam organisasi kemahasiswaan, dsb. Kebebasan memilih mata kuliah yang ingin dipelajari, mengatur jadwal kuliah sendiri, bekerja paruh waktu akan melatih kemandirian mahasiswa. Perhatian dosen terhadap mahasiwa tidak seperti guru memerhatikan siswanya, kedewasaan dan kemandirian mahasiswa diperlukan di sini.  Kemampuan bekerjasama dengan orang-orang yang berbeda budaya, berbagai bidang keahlian, beragam usia, akan dilatih saat mengerjakan tugas proyek, terlibat penelitian dengan dosen, praktik magang, kegiatan organisasi mahasiswa dan kuliah kerja nyata di masyarakat. Berbagai aktivitas tersebut juga melatih pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah secara profesional, logis dan sistematis. Ketika kita bergaul di kampus, kita akan punya lebih banyak teman untuk membangun jaringan yang sangat bermanfaat di dunia kerja. Kemampuan seseorang beradaptasi dan bekerjasama adalah modal penting di dunia kerja, selain keahlian akademis tentunya.

  • Memperbaiki kehidupan

Pendidikan adalah kunci meningkatkan taraf hidup. Fakta membuktikan bahwa makin tinggi pendidikan yang dienyam seseorang, makin besar peluang memperoleh penghasilan lebih baik. Saat pertama kali bekerja di perusahaan, seorang yang tidak kuliah biasanya hanya memperoleh gaji sebesar upah minimum pemerintah. Besaran upah ini kadang tak cukup untuk biaya hidup satu orang saja. Coba sesekali melihat info lowongan kerja, perhatikan syarat pendidikan yang diminta. Pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus mensyaratkan pendidikan lebih tinggi (S1, S2, S3), dan tentu saja tersedia kompensasi yang lebih baik. Jika penghasilan kita lebih baik, maka kita akan mampu meningkatkan kualitas hidup dan bisa membantu orang lebih banyak lagi. Dengan keahlian dan ilmu yang dimiliki, seseorang bisa lebih berperan dan bermanfaat untuk peradaban manusia.

Yakinkan diri bahwa keinginan dan kesadaran melanjutkan pendidikan adalah karena manfaatnya yang mulia, bukan karena sekedar tuntutan orang tua atau gengsi di masyarakat.

“… Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Al-Quran, Surah Al-Mujadilah, Ayat 11)

This entry was posted in Opini and tagged , . Bookmark the permalink.